Tiket KA Lebaran Bisa Pesan Mulai 11 Mei

Metrotvnews.com, Purwokerto: PT Kereta Api Indonesia mulai membuka layanan pemesanan tiket KA komersial Lebaran pada 11 Mei 2012 atau tiga bulan sebelum berlangsungnya masa angkutan Lebaran 2012.

"Ini sejalan dengan kebijakan baru PT KAI yang membuka pemesanan tiket KA komersial, yakni eksekutif, bisnis, dan ekonomi AC, 90 hari sebelum hari keberangkatan," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional 5 Purwokerto, Surono, di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (27/4).

Menurut dia, pemesanan tiket tersebut dapat dilayani melalui "Contact Center 121", agen tiket KA, Indomaret, Alfamart, Citos, Bimasakti Fastpay, Kantor Pos "online", dan stasiun-stasiun "online".

Selain penambahan waktu pemesanan dari 40 hari menjadi 90 hari keberangkatan, pelayanan pemesanan tiket KA dibuka mulai pukul 00.00 WIB sejak 1 Mei 2012. "Pembukaan layanan pemesanan tiket kereta api lebih awal ini dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap penumpang KA dan mempersempit ruang gerak calo tiket," katanya.

Terkait semakin banyaknya tempat layanan pemesanan tiket KA, diharapkan masyarakat semakin mendapat kemudahan dalam mendapatkan tiket. "Mereka tidak perlu lagi mengantre tiket di loket-loket stasiun. Yang terpenting masyarakat harus membiasakan diri melakukan perencanaan perjalanannya jauh-jauh hari dan melakukan pemesanan tiket, terutama pada saat-saat peak season (musim puncak), sehingga ada kepastian mendapatkan tiket," katanya.

Surono mengatakan PT KAI akan segera memasukkan tiket KA ekonomi ke dalam jaringan "Rail Ticketing System (RTS)" seperti yang sudah diterapkan pada tiket KA komersial saat ini. "Rail Ticketing Sistem adalah sistem online ticketing yang menggunakan basis web," kata dia menjelaskan.

Dengan masuknya tiket KA ekonomi dalam jaringan RTS, kelak tiket KA ekonomi juga akan dapat dipesan di semua jaringan pemesanan tiket kereta api dengan masa pemesanan sama seperti tiket KA komersial. Menurut dia, proses migrasi sistem pemesanan tiket KA ekonomi dari sistem lama ke RTS dijadwalkan selesai dalam Mei 2012.(Ant/BEY)

sumber : http://www.metrotvnews.com/metromain/news/2012/04/27/89451/-Tiket-KA-Lebaran-Bisa-Pesan-Mulai-11-Mei